5 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

by frida on Jan 16, 2017
5 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Jangan anggap remeh bibir kering! Sebab, hal ini bisa berujung pada kejadian bibir pecah-pecah. Kemungkinan terburuknya adalah bibir akan berdarah dan menimbulkan rasa nyeri.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini. Beberapa di antaranya adalah:
  1. Struktur kulit bibir yang berbeda
Kulit bibir hanya memiliki 3-5 lapisan. Ini lebih tipis dibandingkan kulit lainnya. Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar keringat, sehingga bibir tidak memiliki keringat dan minyak –yang berfungsi melembapkan dan melembutkan kulit.
  1. Kekurangan cairan
Kecukupan cairan tubuh sangat berpengaruh pada kondisi kulit di tubuh, termasuk kulit bibir. Saat Anda kekurangan cairan, kulit bibir menjadi kering.
Jika tubuh Anda sudah masuk ke dalam tahap dehidrasi, kulit bibir akan menjadi sangat kering hingga pecah-pecah. Karena itu, minumlah air putih yang cukup, sehingga kulit bibir Anda menjadi lembab dan lembut.
  1. Kebiasaan menjilat bibir
Menjilat bibir tidak akan membuat kulit bibir menjadi lembap. Justru, air liur membuat bibir kulit Anda semakin kering. Ini karena air liur yang mengering turut menarik kelembapan dari kulit.
  1. Kebiasaan menggigit atau mengupas kulit bibir
Jangan suka menggigit atau mengupas kulit bibir! Ini karena kulit bibir sangat tipis. Menggigit atau mengupas kulit bibir menyebabkan bibir Anda mudah berdarah dan nyeri. Tindakan tersebut juga memperlama proses penyembuhan akibat adanya iritasi.
  1. Tidak merawat kulit bibir
Tanpa disadari kulit bibir sering terpapar oleh sinar matahari, angin, dan polusi. Karena itu, bibir membutuhkan perawatan khusus agar tidak kering dan pecah-pecah.
Anda dapat menggunakan lip balm yang mengandung tabir surya sesering mungkin sebelum bibir kering dan pecah-pecah terjadi.
Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, bibir kering dan pecah-pecah juga kurang enak dipandang. Oleh sebab itu, rawatlah bibir Anda sekarang juga. Jangan baru menyesal ketika sudah terjadi iritasi, nyeri atau perdarahan di bibir.

Sumber :
www.klikdokter.com