Pola Makan Vegetarian Minimalkan Risiko Kanker

by frida on Mar 6, 2017
Pola Makan Vegetarian Minimalkan Risiko Kanker

Kanker disebabkan oleh berbagai faktor. Sayangnya, penyakit mematikan ini sering kali baru terdeteksi di stadium lanjut. Salah satu cara untuk meminimalkan risiko terkena kanker adalah gaya hidup sehat, mulai dari mengonsumsi makanan sehat, tidak merokok, hingga rutin berolahraga.


Menurut Professor Mark Woodward, MSc, PhD, dari George Institute for Global Health, orang-orang masa kini cenderung mengonsumsi makanan yang salah. Banyak orang yang rela menghabiskan uang untuk menikmati fast food ataupun junk food. Buruknya lagi, ini seakan sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari.


“Harus diakui, apapun alasannya merokok dan mengonsumsi makanan cepat saji bukanlah hal yang seksi. Itu berbahaya bagi tubuh. Itu akan membunuh Anda,” ujar Professor Woodward saat ditemui di Nusa Dua, Bali (20/8).


Senada dengan Professor Woodward, Profesor dr. Hasbullah Thabrany, MPH, Dr.PH., dosen Kebijakan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mengatakan bahwa kanker bukanlah sekedar takdir, melainkan salah satu pemicunya adalah gaya hidup yang salah.


“Mayoritas masyarakat Indonesia, tidak mengonsumsi serat dengan memadai. Padahal, jika diperhatikan dari organ tubuhnya seperti susunan gigi dan bentuk usus, manusia adalah herbivora. Jadi, sebenarnya manusia didesain sebagai vegetarian yang mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Jadi, mulailah perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, untuk menurunkan risiko kanker,” jelas professor Thabrany.


Sumber : 
www.health.kompas.com